Jumat, 30 Januari 2015

KALO UDAH GEDE MAU JADI APA?


   Ceritanya anak-anak SMA bentar lagi mau masuk babak final nih, termasuk gue iya gue masih SMA! Walau gak sedikit orang yang bilang muka gue itu kaya orang yang udah berkeluarga tapi serius gue masih SMA! Oke oke lupa kan, itu bukan inti dari hal yang bakal gue omongin kali ini. Ceritanya dimula ketika gue lagi bengong-bengong sore aja di teras depan rumah, dan tiba-tiba terlintas dipikiran gue lagu masa kecil yang berbunyi.

"Susan... Susan... Kalo udah gede mau jadi apa?"
    Seketika gue menyadari kalo gue emang udah gede dan mau jadi apa sekarang? Pertanyaan yang sulit, sesulit menerima janda beranak dua puluh untuk jadi istri kita sob. Dan kalo ada yang ngejawab:
  "Yaaaaa... Jadi orang sukses lah!"
   Nah, untuk jadi orang sukses pun harus lebih spesifik. karena definisi sukses itu luas banget, bisa aja sukses nya jadi maling, ada juga yang sukses jadi pembisnis. Jadi kamu pengen sukses... Jadi apa? Bingung juga kan? Mungkin bagi golongan pelajar-pelajar cendikiawan pertanyaan itu gak bikin bingung karena mungkin mereka udah bikin planning buat masa depannya dari jauh jauh hari. Nah gue, golongan pelajar HARDOLIN (Dahar-Modol-Ulin atau Makan-Pup-Maen) bakal kewalahan kalo dikasih pertanyaan kaya gitu. Tapi bagus juga sih jadi bikin gue juga mikir, kalo gak selamanya kita bakal bersembunyi diketek-nya ortu. Ada kalanya kita bakal punya kehidupan sendiri, punya cerita sendiri dan punya keluarga sendiri. Dan membuat gue berfikir "Kayanya gue harus mempertimbangkan secara matang, jurusan apa yang bakal gue ambil pas mau kuliah nanti." karena emang bentar lagi gue bakal lulus SMK dan alhamdulillah mau diterusin kuliah kayanya. Kembali ke jurusan kuliah, walau kita semua juga tau. belum tentu juga bidang yang kita geluti nanti di dunia kerja bakalan sejalan dengan jurusan apa yang kita ambil di Universitas. contohnya temen gue. Dia itu lulusan IPB (Institute Plexibel Pertanian Bogor) yang sekarang kerja di bidang broadcasting di salah satu stasiun tv nasional. tapi ya seenggaknya jika kita masuk jurusan yang tepat mungkin hidup kita dapat terarah.

    Jadi sekarang gue bakal ngeshare hal-hal yang harus dipertimbangkan ketika kamu mau masuk dunia perkuliahan. Yang sumbernya gue dapet setelah nanya nanya sama temen-temen gue yang udah kuliah... so let's check it out!

1.MINAT DAN BAKAT 


    Ini nih yang terpenting, kamu passion nya dimana? misalnya kamu suka nyepik cewe dengan kata-kata puitis mungkin kamu bisa ngambil Sastra Indonesia, atau mungkin kamu sukanya ngintip cewe mandi ambil lah jurusan kedokteran spesialis kandungan. Intinya kamu harus tau dulu apa yang kamu suka dan minati, biar gak gampang bosen nantiya. Nah, buat kamu yang gak punya skill apa-apa atau suka sama sesuatu tapi gak mengebu-gebu mendingan kamu datengin psikolog deh, kan ada tuh tes minat dan bakat. kalo gue sih suka Grafis, IT juga suka, Arsitektur juga demen. Bingungkan? :(

2.UNIVERSITAS 


   Pilih Universitas yang punya jurusan yang kamu minati ya, jangan sampe mentang-mentang keren dan banyak cewe cewe kece kalian malah salah jurusan. Dan kalo ngomongin Universitas gak lepas sama yang namanya biaya atau anggaran. Apakah kamu mau kuliah di dalam atau di luar negeri? Mau pake biaya sendiri atau beasiswa? Di kota sendiri apa di kota orang? Mau yang Negeri atau Swasta? Sesuain aja sama kondisi kamu sekarang, karena semua Universita itu bagus kok hasilnya kembali ke diri kita masing-masing aja. Dan oiya liat alumni-alumni nya juga penting, mereka jadi apa pas lulus dari sana.

3.PENDAFTARAN 

   Dan terakhir kamu bisa daftar ke Universitas yang kamu pilih dari entah lewat jalur SNMPTN atau jalur gang P2KP. Dan lebih bagus lagi kalo kamu punya rencana cadangan kaya Universitas kedua yang kamu pilih jika kamu gak keterima di Universitas pertama. Kecuali ya kamu emang udah 100% pede banget bakalan keterima.

    Mungkin segitu aja yang gue tau, semoga bermanfaat bagi engkau wahai pelajar-pelajar yang sedang bingung.  Semoga kamu masuk ke Jurusan dan Universitas yang tepat oiya lulus di waktu yang tepat tentunya.... ayo bilang amin semuanya!! AMIIIIIIIIINNNNNNN!!!!
Buat kamu yang mau nambahin, bisa dishare di comment box di bawah! :)

 

2 komentar:

  1. ini memang jadi dilemaaaa -___-
    gue masih pusing banget mau masuk jurusan apa, padahal tahun ini gue seharusnya ujian masuk univeritas...

    BalasHapus
  2. Cieee... cieee.... jadi keingat tahun lalu nih gue :"D

    BalasHapus