Sabtu, 24 Oktober 2015

Tanggal Tua Pertamaku


    Sesuatu yang pertama memang selalu berkesan dan tak terlupakan, kaya Cinta Pertama atau Malam Pertama misal. Pokoknya sesuatu yang pertama itu ngasih pengalaman yang tak terlupakan deh. Nah, berhubung gue sekarang adalah anak kost jadi gue mau sedikit cerita tentang pengalaman gue melawan musuh terbesar anak kost se-Indonesia! Yep! Tanggal Tua! Dan ingat, Tanggal Tua bukanlah kakek-kakek bijak atau semacam-nya ya. Tanggal Tua adalah kondisi dimana kalender udah mulai menyentuh angka 20 ke atas. Dan ini berdampak banget bagi anak kostan, terutama dalam hal ekonomi. Ekonomi turun otomatis berdampak juga ke hal lain, dari mulai asmara yang jadi gak bisa malem mingguan sampe ke hal pekerjaan yang mendadak jadi tukang urut pasta gigi! Oke, langsung aja ini beberapa hal yang gue lakuin buat survive di Tanggal Tua, cekidot!

  • Memaksimalkan yang ada
    Yha! Point ini adalah point yang paling penting, manfaatkan lah hal yang masih ada dengan maksimal, biar gak usah beli lagi yang baru. Seenggak-nya sampe tanggal kiriman lah. Misalkan urut pasta gigi sampai tetes penghabisan, campurkan shampoo dengan air sampe pake kispray buat parfume.

Kasian, sabar ya dol... :(
  • Pilih-Pilih Menu Makan
     Di saat awal bulan menu makan sangat ber-variasi. Mulai dari daging ayam, sayur, ikan, spaghetti, pizza, sampe starbucks pun di hajar. Tapi, semua berubah setelah Negara Api Tanggal Tua menyerang sob. Kita dipaksa untuk memakan makanan yang pas di kantong, daging berubah menjadi tahu-tempe, sayur berubah menjadi kuah sayur, ikan berubah menjadi gambar ikan, spaghetti berubah menjadi indomie, pizza berubah menjadi krupuk dan starbucks berubah menjadi air galon isi ulang yang 3 rebuan.
 SAD :(

 Mirip sih.. :(
  •  Mengunjungi Sanak Saudara
       Kadang sesuatu yang direncanakan gak berjalan sesuai dengan ke-inginan kita, yang tadi rencananya uang sisa dipake buat 10 hari malah cuma bisa buat 5 hari gara-gara kepepet. Nah, disini peran saudara sangat dibutuhkan sob. Ya, kunjungi saudara terdekat lo! Karena gue jamin ketika dateng lo emang gak bawa apa-apa. Tapi, pas pulang lo bakal bawa apa-apa. *Pengalaman penulis*

  •  Memperluas Pertemanan
       Jika kalian gka punya saudara di daerah dimana kamu merantau, teman bisa jadi alternatif sob. YHA! Perbanyak lah teman, karena semakin banyak teman kamu, semakin banyak pula yang bisa kamu harapkan untuk memberi bantuan. Jangan jauh-jauh deh, misalkan kita bisa minta game atau film-film di hardisk temen kamu. Lumayan kan di tanggal tua bisa jadi pembunuh waktu yang mantep! Gak perlu ke bioskop atau ke warnet game online!

    Mungkin cuma itu hal yang gue lakuin di tanggal tua pertama gue, kalo ada salah salah maafin aja maklum masih newbie. Tapi tetep sih saran gue manajemen yang baik di awal bulan adalah solusi terbaik buat bisa survive di tanggal tua. So buat lo yang uang bulanan nya minim jangan lah menghambur-hamburkan uang di awal bulan. Bagus-bagus kalian bikin semacam daftar atau catatan pengeluaran biar jadi lebih terkontrol. Oke, buat yang mau nambah atau maba dan pengen cerita tentang pengalaman tanggal tua pertama-nya bisa di share ke comment box di bawah!!! Ciao!!!

3 komentar: